Headlines News :
Home » , » Cara Blok Situs atau Keyword di Squid Proxy ubuntu

Cara Blok Situs atau Keyword di Squid Proxy ubuntu

Written By Gressnet Hotspot on Saturday, April 7, 2012 | Saturday, April 07, 2012

Salam Blogger!!!
Hal ini dimaksudkan untuk sobat yang mungkin punya niat untuk membatasi hak akses internetnya contoh kecil seperti memblok situs-situs tertentu atau keyword (seperti : porn, porno, mesum dll ) yang tidak di inginkan karena alasan melanggar undang undang ahahaha,... ngomong apa sih...!!! sooo... lah hahay...
di lanjut ke Cara Blok Situs atau Keyword di Squid Proxy ubuntu.
seperti kita ketahui bahwa Squid memiliki Access List atau ACL yang bisa digunakan untuk memfilter akses terhadap alamat url (situs) tertentu, acl yang digunakan disini adalah “url_regex“.
url_regex ini digunakan untuk memfilter berdasarkan alamat url-nya, contohnya “www.facebook.com“, yang digunakan sebagai keyword untuk “url_regex” nya adalah “facebook.com“. alhasil akses ke seluruh situs yang menggunakan alamat domain “*.facebook.com” akan diblokir.

Tetapi jika kita ingin blok akses ke subdomainnya saja dan akses ke domain induknya tetap bisa, maka kita bisa gunakan subdomain-nya sebagai keyword acl nya. Misalnya disini kita mau blok akses ke situs “apps.facebook.com” saja dan akses ke “www.facebook.com” dibolehkan, maka disini kita masukkan “apps.facebook.com” sebagai keyword acl-nya.
Terus untuk memblok menurut keyword tinggal ditulis saja keywoard apa yang akan di blok EX: facebook youtube sex dlll jadi nanti jika user kita mengetikan kata tersebut maka langsung di block oleh proxy ehehehe.... (CONTOH TAMPILAN DI BLOCK)
peringatan eror akses
teruuuuuuuuuuuuussss!!! bagaimana ini langkahnya, banyakan ngomeng eheheh
Langkahnya sebagai berikut :
1. Membuat daftar list domain atau keywoardnya dulu misal via Terminal Putty pake "nano" masuk sebagai root
 # nano /etc/squid/aksesblok.txt
2. Memasukan daftar block situs atau keyword contoh penulisan :
youporn.com
youtube.com
mp3skull.com
(untuk type keyword)
mesum
porno
sex
3. Tekan CTRL+O kemudian ENTER dan CTRL+X
4. Menambahkan ACL di squid.conf
    untuk yang sejajar ACL :
acl diblok url_regex "/etc/squid/aksesblok.txt”
    untuk yang sejajar http_access
http_access deny diblok
    Contoh Hasil Seperti ini :

acl all src 0.0.0.0/0.0.0.0
acl manager proto cache_object
acl localhost src 127.0.0.1/255.255.255.255
acl localnet src 192.168.2.0/24
acl diblok url_regex “/etc/squid/aksesblok.txt”

http_access deny diblok
http_access allow manager localhost
http_access allow localnet
http_access deny manager
http_access deny !Safe_ports
http_access deny CONNECT !SSL_ports
http_access allow CONNECT !irc_ports
http_access deny all

5. Selanjutnya Save Squid.conf
6. Memberikan perintah squid untuk membaca ulang file konfigurasi "squid.conf" dengan Cara
# squid -k reconfigure
# /etc/init.d/squid restart
7. Langkah uji coba dengan mengetikan url atau keyword yang tadi di save "aksesblok.txt"
8. Jika Ingin Merubah pesan ERROR nya masuk ke directory pake program WINSCP
  /usr/share/squid/errors/English edit file ERR_ACCESS_DENIED
Seperti errornya punya saya pake bahasa Sunda "loh kenapa?" memang saya urang sunda ko hahay
CATATAN PENTING
sebelum memperaktekan hal ini persiapkan segala sesuatunya seperti:
1. Kopi dan rokok secukupnya (bila kelebihan transfer ke saya hahay)
2. Dengarkan musik Rock (asal jangan pake rock saja jika sobat bukan seorang cewek hahay)
3. Siapkan Pentul Korek (loh buat apa? biar sobat datang ngantuk tidak susah buat cari ganjal mata)
4. Usahakan Dokter menemani sobat(kenapa? nanti jika sobat kepalanya pecah tidak susah payah cari dokter apa lagi tengah malam susah eheheh)
5. Jalani Semuanya itu jika menurut sobat benar ahahahha
Semoga bermanfaat dan salam blogger!!!!
Share this article :

6 comments:

  1. wah sangat menrik nih sobat, di bookmark dulu untuk bekala belajar ubuntu + squid sobat...

    ReplyDelete
  2. @asis: akasih sob dah berkunjung dan selamat encoba hahay,..

    ReplyDelete
  3. Hehe,si Akang jail,porn kesukaanku tertutup.
    Nice Kang,happy blogging aje.

    ReplyDelete
  4. mampir lagi sobat untuk menyambung silahturahmi dan belajar banyak hal di blog sobat ini

    ReplyDelete
  5. kurang jelas kang...gmn caranya buat blok situs porno ama game...trus kalo mau buka bloknya gmn??? trimsss

    ReplyDelete
  6. kalo kita pake mikrotik, trus pake proxy nya eksternal ubuntu, itu bisa jalan kagak ya mas?

    ReplyDelete

Kutunggu Komentarmu Sampai Tangan Ku melepuh untuk menjawab komentar Agan-Agan eheheh

 
Support : Creating Website | Johny Template
Copyright © 2014. Gress Internet Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
powered by Gressnet Hotspot